Rabu, 24 Agustus 2016

12 Tempat Wisata Malam Di Jogja Yang Wajib Dikunjungi

12 Tempat Wisata Malam Di Jogja Yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata Malam Di Jogja – Ketika senja tenggelam, indahnya wisata Jogja tak serta-merta ikut meredup. Ada banyak tempat wisata malam di Jogja yang bisa Anda kunjungi. Semaraknya Kota Gudeg ini justru baru saja dimulai. Jadi, jangan dulu buru-buru pulang ke peraduan. Yuk, sambangi 12 tempat wisata malam di Jogja yang asyik, seru, dan keren.
1. Malioboro
Malioboro-Malam-Hari
Malioboro (Foto : anekatempatwisata.com)
Kita mulai tempat wisata malam di Jogja dengan mengunjungi Malioboro. Pusat tempat wisata belanja di Jogja ini tak cuma semarak di siang hari. Pendar lampu kota menambah cantiknya jalan legendaris ini saat malam hari. Tak lengkap liburan ke Jogja tanpa menyambangi Malioboro.
Malioboro, ruas jalan paling legendaris di Yogyakarta ini ternyata tak cuma semarak dengan hiruk-pikuk interaksi antarmanusianya di siang hari. Saat malam tiba dan lampu-lampu kota mulai menyala, Malioboro akan menunjukkan wajah cantiknya. Pemandangan ini nih salah satu alasan banyak orang yang susah move on dari Jogja.
Di kiri kanannya, Anda bisa menikmati pemandangan bangunan lawas yang berpadu dengan mall dan hotel sambil berjalan kaki. Jangan lupa juga berhenti untuk menikmati musik angklung yang unik dari pengamen angklung yang biasa “manggung” di trotoar Malioboro.
2. Kawasan Titik Nol Kilometer
Kawasan-Nol-Kilometer-Jogja
Kawasan Titik Nol Kilometer (Foto : titik0jogja.blogspot.com)
Anda pasti tahu kalau kawasan Nol Kilometer atau KM Nol ini adalah tempat wisata di Jogja yang memiliki sejumlah bangunan peninggalan Belanda yang disebut loji. Coba deh kemari ketika malam hari, Anda seolah diajak berkelana ke masa lalu lewat bangunan-bangunan tua yang terawat sampai sekarang. Pendar kekuningan dari lampu merkuri makin menambah kesan romantis di tempat ini.
Kawasan KM Nol ini menjadi tempat wisata malam di Jogja favorit anak muda untuk nongkrong maupun mengekspresikan diri. Anda bisa melihat berbagai komunitas dan seniman menarik perhatian pengunjung lewat atraksi mereka. Ada yang meniru patung perunggu, berdandan ala hantu, sampai menari.
3. Tugu Jogja
Tugu-Jogja-Malam-Hari
Tugu Jogja (Foto : grahafauzi.wordpress.com)
Siapa seh yang tak kenal dengan landmark yang menjadi ikon tempat wisata di Yogyakarta ini? Tugu Jogja yang bercat putih dengan sepuhan emas tampak menjulang di persimpangan Jl. AM. Sangaji, Jalan Diponegoro, Jalan Sudirman, dan Jalan Margo Utomo (P. Mangkubumi). Tugu Jogja ini berada satu garis antara Gunung Merapi dan Keraton, menjadikannya jantung kota yang istimewa.
Jika Anda menganggap Tugu Jogja itu biasa saja, tunggulah sampai malam tiba. Dihiasi cahaya lampu kota, Tugu Jogja jadi tampak begitu mempesona. Saking mempesonanya, banyak orang yang rela menanti sampai jalanan agak sepi demi berfoto dengan Tugu Jogja di malam hari. Tugu Jogja menjadi salah satu tempat wisata malam di Jogja yang wajib dikunjungi.
4. Pesta Rakyat Sekaten di Alun-alun Utara
Tempat wisata malam di Jogja Sekaten
Tempat wisata malam di Jogja Sekaten (Foto : padidjogja.com)
Dari titik Nol Kilometer, berjalanlah ke arah selatan dan temukan alun-alun utara Yogyakarta. Setiap menjelang peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, alun-alun utara menjadi salah satu tempat wisata malam di Jogja yang asyik untuk dikunjungi. Di sinilah pasar malam Sekaten digelar setiap tahunnya.
Anda bisa menemukan aneka wahana permainan yang seru dan murah meriah, seperti kora-kora, bianglala, ombak banyu, sampai rumah hantu. Tersedia pula aneka jajanan serta toko-toko yang menjual pakaian bekas. Suasana makin riuh dengan diputarnya lagu-lagu dangdut di sejumlah wahana.
5. Alun-alun Kidul (Alkid)
Alun-alun Kidul atau Alkid jogja
Alun-alun Kidul atau Alkid (Foto : hotelasih.com)
Alun-alun selatan atau yang lebih dikenal dengan alun-alun kidul atau alkid adalah tempat wisata malam di Jogja yang wajib dikunjungi berikutnya. Aneka lampu warna-warni dari kendaraan hias menambah semarak tempat ini. Mobil-mobil hias ini bisa Anda gunakan untuk berkeliling alkid dengan tarif 30-40 ribu sesudah ditawar.
Jangan lewatkan juga untuk menjajal peruntunganmu melewati celah dua pohon beringin alkid. Konon, siapa yang bisa melewati celah di antara pohon beringin dengan mata tertutup, harapannya akan terkabul. Jadi, kalau Anda punya harapan yang terpendam, kenapa gak dicoba aja? Tapi ingat, itu hanyalah mitos jadi jangan diambil hati ya, cobain aja sekedar bersenang-senang bersama keluarga atau teman-teman.
6. Taman Pelangi Monumen Jogja Kembali (Monjali)
Taman-Pelangi-Monjali-Jogja
Taman Pelangi Monumen Jogja Kembali (Foto : yogyes.com)
Monumen Jogja Kembali atau Monjali merupakan sebuah monumen dan museum sejarah perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia yang terletak di Jalan Lingkar Utara Yogyakarta. Selain berisi rekaman sejarah untuk mengenang pahlawan kemerdekaan, monumen ini ternyata punya sisi romantisnya sendiri di malam hari, lho.
Di pelataran Monjali, ada Taman Pelangi yang terasa semarak dan romantis di malam hari. Lampion-lampion berbagai bentuk menerangi tempat ini dengan cahayanya yang warna-warni. Cuma di sini Anda bisa melihat pelangi di malam hari. Apalagi, taman ini tergenapi dengan berbagai wanaha yang bisa Anda nikmati. Pas banget buat tempat wisata malam di Jogja bersama teman, pacar, atau keluarga.
7. Sindu Kusuma Edupark
Sindu-Kusuma-Edupark-Jogja
Sindu Kusuma Edupark (Foto : arifahwulansari.com)
Sebuah ferris wheel dengan lampu berwarna-warni di Sindu Kusuma Edupark semakin menambah semarak Jogja di malam hari. Sindu Kusuma Edupark atau SKE adalah taman rekreasi yang terbilang baru di Yogyakarta. Wahana utamanya adalah ferris wheel alias kincir ria setinggi 48 meter.
Dari puncak bianglala ini, Anda bisa menikmati suasana lampu kota Jogja bersama orang yang Anda kasihi. Taman rekreasi ini cuma buka sampai jam 9 malam, jadi jangan sampai kemalaman. Sayang kalau Anda melewatkan tempat wisata malam di Jogja yang satu ini.
8. Bukit Bintang
Bukit-Bintang-Jogja
Bukit Bintang (Foto : tulustraveler88.blogspot.com)
Bukit Bintang yang berada di Jalan Raya Yogyakarta-Wonosari menjadi salah satu tempat wisata malam di Jogja yang menawan untuk melewatkan malam. Di tempat ini, berjajar sejumlah warung makan di tepi jurang yang menawarkan aneka makanan dengan harga ringan.
Dari ketinggian 150 meter, kamu bisa menikmati jagung bakar plus minuman hangat ditemani kerlip lampu kota Jogja yang menawan di kejauhan. Pasti tambah romantis, apalagi kalau ditemani orang yang Anda cintai.
9. Camping Ceria di Gunung Api Purba Nglanggeran
Camping-Gunung-Nglanggeran
Camping Ceria di Gunung Api Purba Nglanggeran (Foto : yukpiknik.com)
Ini dia tempat wisata malam di Jogja yang anak muda bangat. Gunung Api Purba merupakan sebuah kumpulan batu-batu raksasa yang membentuk gundukan seperti gunung. Tempat ini bisa menjadi ide menarik untuk camping di Jogja. Hanya butuh waktu kurang dari dua jam untuk bisa sampai ke puncak Gunung Api Purba sehingga siapapun bisa ikut trekking.
Di sekitar puncak Gunung Api Purba terdapat area camping ground yang cukup luas. Disana Anda bisa mendirikan tenda sambil seru-seruan bersama teman-teman dibawah indahnya langit malam Jogja. Dalam perjalanan Anda akan menenukan beberapa gardu pandang yang bisa digunakan untuk beristirahat sambil menikmati pemandangan malam kota. Mirip di Bukit Bintang.
10. Beach Camp di Pantai-pantai Gunung Kidul
Beach-Camp-di-Pantai
Ilustrasi Beach Camp di Pantai (Foto : wisatajogjamurah.com)
Pernah kepikiran untuk camping di pantai? Jika iya, Anda bisa menjadikan pantai-pantai yang ada di Gunung Kidul sebagai lokasi beach. Pantai-pantai di Gunung Kidul selalu masuk dalam daftar rekomendasi tempat wisata yang wajib di kunjungi di Jogja. Pantai-pantai tersebut tak cuma asik dikunjungi saat siang hari. Malam haripun tak kalah seru.
Anak-anak muda Jogja yang hobby traveling biasanya malah datang ke pantai pada malam hari. Mendirikan tenda lalu membuat api unggun kemudian dilanjutkan dengan menyantap ikan bakar. What a wow moment! Pas banget buat tempat wisata malam di Jogja bagi anak muda.
11. Ramayana Ballet Di Candi Prambanan
Ramayana Ballet atau Sendratari Ramayana Di Candi Prambanan
Ramayana Ballet atau Sendratari Ramayana Di Candi Prambanan (Foto : hotelasih.com)
Ramayana Ballet atau Sendratari Ramayana adalah tempat wisata malam di Jogja yang berupa pertunjukan dengan menggabungkan seni, drama dan tari dengan tema cerita Ramayana. Pertunjukan tersebut disuguhkan dalam rangkaian gerak tari dengan diiringi gamelan, tanpa dialog yang terucap dari penari. Semuanya berupa gerakan tari yang luwes, indah nan mempesona.
12. Angkringan
Angkringan-Jogja
Angkringan Jogja (Foto : haphap.com)
Menikmati tempat wisata malam di Jogja tentu belum lengkap tanpa lesehan di angkringan ditemani secangkir kopi. Setiap malam, angkringan Lik Man di sisi utara Stasiun Tugu serta angkringan KR di jalan Margo Utomo selalu dipadati anak muda. Tikar-tikar sederhana yang lusuh menjadi alas duduk mereka ketika ngobrol ngalor-ngidul sembari menyeruput kopi yang masih beruap.
Suasana inilah yang menginspirasi banyak musisi untuk menciptakan lagu yang tak lekang oleh zaman, seperti lagu Yogyakarta. Mumpung Anda di Jogja, yuk buruan menjajal tempat wisata malam di Jogja yang asyik dan keren.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar